Find Us On Social Media :

6 Tujuan Kegiatan Ekonomi Konsumsi yang Dilakukan Masyarakat

Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat setiap hari. Apa saja tujuannya?

GridKids.id - Kids, kali ini GridKids akan mengajakmu meneruskan materi tentang kegiatan ekonomi masyarakat yaitu konsumsi.

Kegiatan ekonomi konsumsi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang makin beragam seiring perkembangan zaman.

Kebutuhan manusia bisa diklasifikasikan jadi beberapa jenis atau tingkatan, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, hingga tersier.

Kebutuhan primer merupakan segala yang dibutuhkan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup dengan layak, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan manusia atas barang-barang pelengkap agar kehidupannya bisa jadi lebih nyaman dan mudah. Contohnya listrik, perabotan rumah tangga hingga gadget.

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang-barang mewah yaitu barang-barang yang disamping berfungsi untuk membantu kehidupan manusia tapi jadi bagian dari gaya hidup dan status sosial seseorang.

Konsumsi adalah kegiatan manusia dalam menggunakan atau memanfaatkan nilai guna barang dan jasa disebut dengan kegiatan konsumsi.

Kegiatan konsumsi bisa dilakukan oleh rumah tangga, perusahaan, hingga lembaga negara.

Konsumsi bisa dilakukan pada barang-barang fisik berupa barang produk akhir atau produksi lanjutan sesuai yang dibutuhkan oleh konsumen.

Kegiatan konsumsi yang awalnya berawal dari dorongan manusia untuk mempertahankan hidup di alam bebas, berkembang menjadi konsumsi dan penggunaan barang-barang hasil teknologi canggih.

Lalu, apa saja tujuan kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh seorang konsumen? Yuk, simak sama-sama uraiannya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: 3 Macam Kegiatan Ekonomi Masyarakat: Produksi, Distribusi, Konsumsi