Find Us On Social Media :

Majas Perbandingan Makna: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah salah satu jenis majas perbandingan makna yang memberi kesan hidup pada objek berupa benda mati.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah mengenal beberapa majas perbandingan makna, yaitu majas simile dan majas metafora.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk mengenal dan belajar tentang majas perbandingan makna lainnya yaitu majas personifikasi.

Majas personifikasi adalah jenis majas yang memberikan sifat-sifat manusia pada benda mati, binatang, tanaman, atau benda-benda lainnya seolah seperti manusia.

Majas personifikasi menggunakan kiasan untuk membandingkan juga meningkatkan kesan yang terlihat dalam suatu kalimat.

Majas ini biasa dipergunakan dalam komunikasi baik lisan atau tertulis, majas ini sering memberi kesan imajinatif atau menunjukkan suatu efek tertentu.

Majas personifikasi punya ciri-ciri seperti misalnya:

- Menggunakan kata-kata yang menggambarkan sifat manusia, misalnya: rerumputan yang bergoyang, rembulan tersenyum, matahari yang menyapa, dsb;

- Membandingkan benda mati layaknya benda yang hidup;

- Melibatkan panca indera.

Penggunaan majas personifikasi bisa membantu memudahkan para pembaca dalam memahami suasana dan emosi yang coba digambarkan dalam sebuah cerita fiksi.

Lalu, seperti apa sajakah contoh-contoh kalimat yang menggunakan majas personifikasi? Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Majas Personifikasi, Gaya Bahasa yang Mengumpamakan Benda Mati Seperti Manusia