Find Us On Social Media :

Sejarah Permainan Uno, Berawal dari Permainan Keluarga #AkuBacaAkuTahu

Uno adalah salah satu jenis permainan kartu yang banyak dijadikan permainan andalan bersama teman-teman. Seperti apa sejarahnya?

GridKids.id- Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak untuk mengenal sejarah penciptaan kartu remi hingga filosofi dibalik desain kartunya.

Kali ini kamu akan diajak mengenal tentang jenis permainan kartu lainnya, yaitu permainan Uno.

Tahukah kamu bahwa permainan Uno diciptakan oleh seroang pemilik kedai pangkas rambut?

Uno adalah permainan kartu berwarna-warni yang dilengkapi angka dan simbol tertentu yang dibuat oleh Merle Robbins pada 1971 di Ohio, Amerika Serikat.

Uno biasanya jadi permainan kartu yang dimainkan secara kelompok, bisa dimainkan oleh 2-10 pemain tanpa batasan usia.

Dilansir dari idntimes.com, istilah Uno berasal dari kosa kata bahasa Italia yang berarti satu dengan tujuan agar pemain pertama yang membuang semua kartu yang dimilikinya.

Aturan mainnya cukup sederhana, sebelum membuang kartu terakhir, pemain harus mengatakan Uno sebagai tanda bahwa sebentar lagi si pemain akan lolos atau menang.

Awalnya Uno hanya dimainkan oleh Merle dan keluarganya saja, tapi seiring waktu setelah dikembangkan dengan lebih serius, kartu Uno didesain untuk bisa dijual ke lebih banyak orang.

Bahkan untuk memulai usaha untuk mempromosikan dan produksi set kartu Uno, keluarga Merle sampai menjual rumah mereka sebagai modal atau investasi awal.

Set kartu UNO awalnya dijual ke kenalan-kenalan keluarga Merle, pemasaran kemudian dilakukan dengan berkeliling pada siapapun yang ingin membelinya.

Selagi berjualan menjajakan set kartu Uno, Keluarga Merle juga mendemonstrasikan bagaimana cara atau aturan mainnya.

Baca Juga: Sejarah dan Fakta Menarik Kartu Remi, Dibuat di Tiongkok Populer di Eropa #AkuBacaAkuTahu