Find Us On Social Media :

Mengenal Evolusi, Cabang Ilmu Biologi Tentang Proses Perubahan Organisme Makhluk Hidup

Evolusi merupakan cabang ilmu biologi yang belajar tentang proses perubahan dan perkembangan pada organisme makhluk hidup.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang salah satu cabang ilmu biologi yaitu paleontologi.

Kali ini kamu akan diajak mengenal tentang cabang ilmu biologi lainnya, yaitu ilmu evolusi.

Dilansir oleh situs gramedia.com, evolusi merupakan kajian biologi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama, meliputi variasi, reproduksi, dan seleksi.

Sifat-sifat yang jadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan pada keturunan suatu makhluk hidup dan jadi bervariasi dalam suatu populasi.

Ketika suatu organisme melakukan reproduksi, maka keturunannya akan punya sifat-sifat baru karena ada akibat dari mutasi atau transfer gen antara populasi dan spesies.

Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika yang bisa meningkatkan variasi antara organisme.

Proses evolusi terjadi ketika perbedaan-perbedaan terwariskan ini jadi lebih umum atau langka dalam suatu populasi.

Perubahan yang terjadi pada kromosom dan gen adalah materi dasar dari evolusi, isolasi biasanya memunculkan spesies baru dan seleksi alam karena ada perbedaaan reproduksi dan mutasi.

Evolusi mengemukakan bahwa semua jenis makhluk hidup sebenarnya berasal dari makhluk terendah, termasuk manusia yang digolongkan sebagai hewan.

Hingga kini evolusi masih terus terjadi dan bahkan berlangsung jauh lebih cepat ketimbang masa purba. Selanjutnya akan dijelaskan jenis-jenis evolusi sebagai cabang ilmu biologi, meliputi:

Baca Juga: Mengenal Paleontologi, Cabang Ilmu Biologi yang Mempelajari Fosil dan Evolusinya