Find Us On Social Media :

Konsep Listrik Statis: Muatan Listrik dan Elektroskop, IPA Kelas 9 SMP

Percobaan listrik statis sederhana menggunakan sisir dan rambut kering.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 9 SMP sudah masuk ke tema baru yaitu tema 4 tentang Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari.

Dalam buku materi kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 164-166 tentang konsep listrik statis.

Kali ini kamu akan diajak membahas tentang muatan listrik, yang terdiri dari atom-atom yang tersusun dari partikel subatom, meliputi proton (bermuatan positif), neutron (tanpa muatan), dan elektron (bermuatan negatif).

Neutron dan proton membentuk inti atom, sedangkan elektron bergerak di sekitar inti atom dan berkaitan erat dengan fenomena kelistrikan pada suatu benda.

Elektron merupakan partikel penyusun atom yang bermuatan negatif dan terus mengelilingi inti atom.

Benda yang kelebihan elektron akan disebut sebagai benda bermuatan negatif, sedangkan benda yang kekurangan elektron akan disebut sebagai benda bermuatan positif.

Jika benda bermuatan positif didekatkan dengan benda bermuatan negatif, maka akan terjadi muatan listrik statis yang membuat dua benda jadi saling tarik menarik.

Sedangkan benda yang sama-sama bermuatan negatif didekatkan satu sama lain maka akan terjadi tolak menolak.

Umumnya jumlah elektron dan proton pada atom sebuah benda adalah sama, inilah yang membuat atom pada benda enggak bermuatan apapun atau netral.

Salah satu cara untuk mengubah benda jadi bermuatan atom tertentu adalah dengan menggosokan benda selama beberapa waktu.

Contoh sederhana penciptaan listrik statis:

Baca Juga: Soal dan Jawaban Listrik Statis Belajar dari Rumah TVRI 1 Oktober 2020