Find Us On Social Media :

Cara Menentukan Genotipe dari Persilangan Gamet, IPA Kelas 9 SMP

Hukum mendel menggunakan percobaan pada kacang kapri untuk mengetahui dua mode persilangan gamet yang menghasilkan genotipe.

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu akan diajak melanjutkan materi IPA Kelas 9 Tema 3 tentang Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 Tema 3 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 131-141 dibahas mengenai dua jenis persilangan yang dilakukan oleh Gregor Mendel, ahli Botani dari Austria.

Jika persilangan Monohibrida (Satu Sifat Beda) menghasilkan hukum I Mendel (Hukum Segregasi), maka persilangan Dihibrida (Dua Sifat Beda) menghasilkan hukum II Mendel (Hukum Penggabungan Bebas)

Tiap-tiap persilangan gamet pada percobaan yang dilakukan oleh Mendel memiliki bagannya tersendiri, nih, Kids.

Kali ini kamu akan diajak untuk mengenal cara-cara menentukan genotipe makhluk hidup berdasarkan uraian pada buku materimu. Yuk, simak dan belajar sama-sama!

Cara Menentukan Genotipe dari Persilangan Gamet

A. Persilangan Monohibrida

1. Genotipe homozigot dominan: UU, yang meski membentuk gamet yang sama namun pada persilangan bisa dituliskan satu saja dengan U.

2. Genotipe homozigot resesif: uu, gametnya adalah u dan u. Meski gamet yang terbentuk berjumlah dan berbentuk sama u dan u bisa dituliskan satu saja yaitu u.

3. Genotipe heterozigot: Uu, gametnya U dan u, gamet yang terbentuk ada dua buah dan enggak sama yaitu U dan u, inilah yang membuat persilangan gamet harus ditulis semua.

Hasil persilangannya bisa digambarkan dalam tabel seperti ini:

Baca Juga: Hukum Pewarisan Sifat dan Jenis Persilangannya, Materi IPA Kelas 9 SMP