Find Us On Social Media :

Teknologi Perkembangbiakan pada Hewan, Materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2

Teknologi perkembangbiakan pada hewan memungkinkan reproduksi hewan lebih efisien dan unggul.

GridKids.id - Kids, kita masih akan membahas artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2 tentang Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 105-107 tentang Teknologi Perkembangbiakan pada Hewan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi makin berkembang dan mendorong ditemukannya banyak penemuan-penemuan baru yang memengaruhi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Peternakan adalah salah satu bidang yang terpengaruh pada kemajuan teknologi dalam meningkatkan produktivitas hewan ternak.

Banyak penelitian reproduksi hewan di berbagai institusi akademis yang menghasilkan berbagai varian hewan lewat cara yang lebih efisien dan cepat.

Tujuan dari kemajuan teknologi supaya bisa memeroleh sifat dan karakter unggul daripada induk-induk yang berhasil disilangkan.

Ada beberapa teknologi reproduksi hewan yang tersedia dalam berbagai bentuk, memulai perkawinan alami hingga proses kloning dengan cara sangat rumit.

Teknologi Perkembangbiakan Hewan

1. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan atau kawin suntik adalah cara perkembangbiakan yang terjadi dengan cara memasukan cairan sperma hewan jantan ke dalam saluran reproduksi hewan betina dengan bantuan manusia.

Cara ini dianggap sangat memudahkan hewan supaya bisa menghasilkan anakan tanpa harus mengawinkan langsung hewan jantan dan hewan betina.

Baca Juga: Teknologi Perkembangbiakan pada Tumbuhan, IPA Kelas 9 SMP Tema 2