Find Us On Social Media :

Keberadaan Lubang Cacing di Alam Semesta, Benarkah Hanya Fiksi?

Keberadaan lubang cacing di alam semesta masih jadi misteri karena banyak anggapan bahwa ini hanyalah sebuah fiksi atau harapan ilmuwan yang tak mungkin terwujud.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah mengenal tentang lubang hitam di luar angkasa.

Nah, kali ini kamu akan diajak mengenal tentang salah satu fenomena yang terbentuk di angkasa lainnya yaitu lubang cacing.

Lubang cacing merupakan sebuah 'terowongan' teoretis antara dua titik ruang yang disebabkan oleh kelengkungan ruang-waktu yang sangat ekstrem.

Keberadaan lubang hitam dan lubang cacing bisa digambarkan oleh penjelasan tentang teori relativitas umum milik Albert Einstein.

Teori ini menjelaskan tentang bagaimana ruang dan waktu melengkung disebabkan oleh benda atau area besar seperti lubang hitam.

Lubang cacing adalah hasil dari persamaan relativitas umum Einstein yang sebatas teori fisika dan matematikanya saja.

Keberadaan lubang cacing begitu rumit dan untuk menciptakan lubang cacing yang stabil di ruang waktu bisa menciptakan materi eksotis berupa materi berenergi negatif untuk menbahan terowongan lubang cacing ini tetap terbuka.

Namun, keberadaan materi eksotis ini masih sebatas teori yang belum bisa diungkapkan fakta atau kebenarannya.

Tahukah kamu bahwa lubang cacing dianggap bisa memungkinkan perjalanan cepat dari satu titik ke titik lainnya di alam semesta yang berjarak puluhan hingga ratusan tahun cahaya secara singkat.

Dilansir dari infoastronomy.org, menurut Dr. Kip S. Thorne seorang astrofisikawan dari Amerika, perjalanan antarbintang lewat lubang cacing hingga kini masih terbatas pada fiksi ilmiah saja.

Hambatan utama yang akan dihadapi manusia untuk memanfaatkan lubang cacing sebagai jalan pintas untuk menjelajahi alam semestaenggak bisa dilaksanakan dengan selalu mulus karena kondisi lubang cacing yang enggak stabil.

Baca Juga: Teori Ilmiah Gambarkan Kondisi yang Terjadi Jika Kita Jatuh Ke Lubang Hitam, Seperti Apa?