Find Us On Social Media :

Proses Perkembangan Hidup Hewan, Materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2

Proses perkembangan hidup hewan mengalami beberapa fase dari embrio hingga hewan dewasa.

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP Tema 2 yaitu Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan.

Dalam buku IPA Kelas 9 SMP Tema 2 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 100-102 tentang Perkembangan Hidup Hewan.

Tiap hewan punya tahapan perkembangan hidup dari embrio, kelahiran, perkembangan hingga dewasa, berkembangbiak, hingga mati.

Pada beberapa hewan, telur akan berkembang jadi hewan muda yang punya struktur dan fungsi organ mirip dengan hewan dewasa (imago).

Selama proses perkembangan hewan menuju fase dewasa, hewan muda enggak mengalami banyak perubahan pada struktur dan fungsi organ tubuhnya.

Selama proses perkembangannya, hewan muda hanya mengalami pertambahan ukuran jadi lebih besar dari tahapan sebelumnya yang dikenal dengan perkembangan langsung.

Pada jenis hewan yang lainnya, hewan muda memiliki struktur dan fungsi organ tubuh yang berbeda dengan hewan dewasa.

Hewan muda akan berkembang melalui tahap tertentu sehingga memiliki struktur dan fungsi organ tubuh yang sama dengan hewan dewasa yang dikenal dengan istilah metamorfosis.

Metamorfosis bisa dibedakan jadi dua jenis, yaitu metamorfosis tak sempurna dan metamorfosis sempurna.

Hewan yang melalui metamorfosis tak sempurna, telur akan berkembang jadi hewan muda yang disebut dengan nimfa yang mirip dengan hewan dewasa tapi ukurannya lebih kecil atau versi mini.

Sedangkan pada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, telurnya akan berkembang jadi hewan muda yang disebut dengan larva dengan struktur dan fungsi organ yang sangat berbeda dengan hewan dewasa.

Baca Juga: Daur Hidup Kupu-Kupu disebut Metamorfosis Sempurna, Apa Penyebabnya?