Find Us On Social Media :

13 Nama Daerah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan dan Ibukotanya

Kalimantan Selatan adalah provinsi di Pulau Kalimantan yang terletak di bagian Selatan pulau terbesar di Indonesia ini.

GridKids.id - Kids, pada artikel pengetahuan umum sebelumnya kamu sudah mengenal nama-nama daerah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Kali ini bersama GridKids kamu akan diajak melihat nama-nama daerah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan tanah asal pahlawan nasional Indonesia yaitu Pangeran Antasari.

Kalimantan Selatan resmi jadi daerah Provinsi yang berdiri sendiri pada 1 Januari 1957, bersama dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Barat.

Sebelum penetapan daerah Provinsi ini, ketiganya merupakan satu kesatuan wilayah Provinsi yaitu Provinsi Kalimantan.

Sebelum jadi wilayah otonomnya sendiri, Kalimantan Selatan sudah menonjol sebagai daerah yang jadi pusat kegiatan politik, ekonomi, pemerintah, sejak masa penjajahan Hindia Belanda hingga atau bahkan pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

Orang Banjar memiliki kepercayaan yang sudah ada sejak zaman prasejarah yang disebut penduduk sekitar dengan kepercayaan kaharingan yang dianut oleh suku bangsa Bukit Hulu Banyu.

Kepercayaan ini percaya atas alam semesta dan segala isinya berada di tangan Nining Baharata sebagai penguasa tertinggi kehidupan manusia.

Dilansir dari kalselprov.go.id, Masyarakat Banjar juga memiliki beberapa filsafat hidup, di antaranya:

Masyarakat setempat merumuskan motto kehidupan yang mencerminkan karakter dan pandangan hidup orang Banjar, yaitu Haram Manyarah, Waja Sampai Kaputing yang berarti perjuangan yang tak kenal menyerah dengan tekad baja hingga akhir.

Berikut ini adalah daftar nama-nama daerah kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan dan Ibukotanya, di antaranya:

 Baca Juga: Seri Budaya Indonesia - Budaya dan Kekhasan Provinsi Kalimantan Selatan

Nama-Nama Daerah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan dan Ibukotanya