Find Us On Social Media :

14 Nama Daerah di Provinsi Kalimantan Barat serta Ibukotanya

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang dikenal berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia.

GridKids.id - Artikel Pengetahuan Umum kali ini GridKids akan mengajakmu mengenal nama-nama daerah kabupaten di Kalimantan Barat dan ibu kotanya.

Kalimantan Barat merupakan wilayah yang terletak di bagian barat pulau Kalimantan dan dilalui oleh garis Khatulistiwa tepat di atas Kota Pontianak.

Karena letaknya inilah Kalimantan Barat menjadi salah satu daerah tropis yang punya suhu dan kelembapan udara tinggi.

Kalimantan Barat juga merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain, yaitu Negara Bagian Sarawak di Malaysia Timur.

Bahkan Kalimantan Barat merupakan satu-satunya Provinsi di Indonesia yang punya akses jalan darat resmi untuk keluar dan masuk ke negara lain.

Kalimantan Barat berbatasan dengan Sarawak di Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Laut Natuna, Laut Jawa, dan Selat Karimata.

Umumnya Kalimantan Barat merupakan dataran rendah dan punya ratusan sungai yang aman jika dilayari.

Kawasannya daratannya cukup berbukit yang menghampar dari Barat ke Timur sepanjang "Lembah Kapuas" dan Laut Natuna atau Selat Karimata.

Kalimantan Barat juga dikenal sebagai Provinsi Seribu Sungai karena punya ratusan sungai besar dan kecil yang sering digunakan sebagai jalur transportasi masyarakat.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang hinga 1.086 km yang 942 km-nya bisa dilayari oleh penduduk.

Berikut adalah nama-nama daerah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat dan Ibukotanya, di antaranya:

Baca Juga: Seri Budaya Indonesia - Budaya dan Kekhasan Provinsi Kalimantan Barat