Find Us On Social Media :

Tahapan Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Angiospermae, IPA Kelas 9

Tumbuhan Angiospermae yang berkembangbiak dengan cara generatif bisa bertumbuh dengan alami atau dengan bantuan manusia.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu diajak meneruskan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP Tema 2 tentang Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 63-76 masuk ke pembahasan tentang perkembangbiakan generatif pada tumbuhan Angiospermae.

Pada artikel BDR IPA Kelas 9 sebelumnya kamu sudah diajak belajar tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan Angiospermae.

Perkembangbiakan itu terjadi secara vegetatif alami dan vegetatif buatan, berkembang secara mandiri maupun dengan melalui bantuan tangan manusia.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat cara perkembangbiakan generatif pada tumbuhan Angiospermae, nih, Kids.

Perkembangbiakan secara generatif berarti ada pertemuan antara sel sperma dan sel telur atau proses fertilisasi yang menghasilkan embrio dalam biji tumbuhan.

Biji itu bisa tumbuh dan berkembang menjadi bakal tumbuhan baru dengan sifat yang merupakan gabungan dari dua induknya.

Inilah yang membuat perkembangbiakan secara generatif menghasilkan sifat keturunan atau anakan yang bervariasi.

Berikut ini akan dijelaskan satu persatu tentang proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan Angiospermae, di antaranya:

Tahapan Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Angiospermae

1. Penyerbukan (Polinasi)

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Simbiosis yang Terjadi dalam Kehidupan dan Contohnya