Find Us On Social Media :

Peran Pendidikan dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi

Globalisasi menimbulkan tantangan terhadap bidang pendidikan untuk mendukung terciptanya sumber daya manusia berkualitas.

GridKids. id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah mengenal beberapa peran yang bisa dilakukan Remaja dalam menghadapi era globalisasi.

Salah satu bidang yang bisa menjadi salah satu bidang di mana kamu ikut aktif dalam upaya menghadapi kemajuan zaman karena pengaruh globalisasi adalah bidang pendidikan.

Dalam sebuah jurnal ilmiah berjudul Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia karya Nina Oktarina dari UNNES.

Kini kita hidup dalam dunia yang tanpa batas dan terbuka menghadapi kemajuan zaman yang tak bisa dibendung dan terus mengalir dari waktu ke waktu.

Globalisasi mendorong terjadinya revolusi global yang menyebabkan suatu gaya hidup yang dilandasi prinsip persaingan yang menyebabkan banyak kelompok masyarakat dan organisasi di dalamnya untuk terus melakukan adaptasi.

Hal ini menghasilkan berbagai istilah akrab seperti produktivitas, efisiensi, hingga sikap kompetitif sebagai peningkatan kinerja dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Era globalisasi membawa tantangan baru dalam dunia pendidikan karena masyarakat didorong untuk makin maksimal dalam mengembangkan potensi diri dan sumber daya manusianya.

Beberapa tantangan globalisasi pada dunia pendidikan, di antaranya:

- Pendidikan harus bisa menghasilkan output berupa SDM yang berkualitas;

- Output pendidikan harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi;

- SDM harus ditingkatkan mutunya supaya bisa survive atau bertahan dan bersaing di tengah era globalisasi.

Baca Juga: 7 Peran Remaja dalam Menghadapi Arus Globalisasi Dunia Masa Kini