Find Us On Social Media :

Nama-Nama Daerah di Provinsi Lampung dan DKI Jakarta Serta Ibukotanya

Lampung adalah provinsi yang terletak di bagian paling selatan pulau Sumatera.

GridKids.id - Artikel pengetahuan umum kali ini kamu akan diajak melihat daftar nama daerah kabupaten dan ibu kota di provinsi Lampung dan DKI Jakarta.

Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung Selatan Pulau Sumatera, provinsi Lampung berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Lampung merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang dan Telukbetung yang punya wilayah cukup luas dan menyimpan potensi kelautan yang besar.

Lampung memiliki dua pelabuhan besar yaitu Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni juga pelabuhan nelayan di Pasar Ikan Telukbetung, Tarahan, dan Kalianda yang terletak di Teluk Lampung.

Karena punya lokasi yang strategis dan menjadi pintu gerbang lintas dua kawasan ekonomi penting, Lampung punya kehidupan dan kultur yang sangat beragam.

DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara yang menjadi pusat dari segala kegiatan ekonomi dan memiliki beragam budaya hasil percampuran berbagai kultur penduduknya.

Sebelum dikenal sebagai Jakarta, kota ini disebut dengan beberapa nama seperti Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia.

Jakarta memiliki dua bandar udara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma dan tiga pelabuhan laut yaitu di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol.

Berikut adalah daftar nama-nama daerah/wilayah di Provinsi Lampung dan DKI Jakarta lengkap dengan ibu kotanya, di antaranya:

Nama-Nama Daerah/Wilayah dan Ibu Kotanya