Find Us On Social Media :

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan Angiospermae, IPA Kelas 9 SMP

Perkembangbiakan tumbuhan angiospermae dengan cara vegetatif memanfaatkan sel atau bagian tubuh dari tumbuhan itu sendiri.

GridKids.id - Pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu diajak melanjutkan ke materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2 yaitu tentang Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 2 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 52-63 dijelaskan tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan Angiospermae.

Kali ini kamu akan diajak membahas perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji atau Spermatophyta.

Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) terbagi jadi dua, yaitu tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dan tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae).

Pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk membahas tentang perkembangbiakan tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Perkembangbiakan tumbuhan Angiospermae terbagi lagi menjadi perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif, nih, Kids.

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif terjadi dengan menggunakan bagian dari tumbuhan, sedangkan perkembangbiakan generatif adalah sebuah cara berkembangbiak ketika sel sperma dan sel telur bertemu dan mengalami fertilisasi.

Proses fertilisasi itu lalu menghasilkan embrio yang tersimpan dalam biji yang nantinya akan tumbuh dan berkembang jadi tumbuhan yang baru yang merupakan gabungan dari sifat dua induk.

Pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk membahas perkembangbiakan tumbuhan angiospermae secara vegetatif, nih, Kids.

Cara perkembangbiakan ini bisa menghasilkan individu baru tanpa harus melalui proses fertilisasi seperti pada cara generatif.

Lalu, seperti apakah cara perkembangbiakan tumbuhan angiospermae lewat cara vegetatif? Simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Yuk.

Baca Juga: 4 Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Buatan, Kelas 6 SD