Find Us On Social Media :

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia, IPA Kelas 9 SMP Tema 1

HIV/AIDS adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem reproduksi manusia.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini akan melanjutkan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 SMP tentang Sistem Reproduksi Manusia.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 35-38 dijelaskan tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia.

Sistem reproduksi merupakan salah satu sistem pada tubuh yang rawan mengalami kelainan dan penyakit jika enggak dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Berikut kamu akan diajak untuk membahas beberapa jenis kelainan atau penyakit yang bisa terjadi pada sistem reproduksi manusia, di antaranya:

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

1. HIV/AIDS

AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh penderitanya.

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome yang sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah dan obat yang benar-benar bisa digunakan untuk mengatasi penyakit mematikan ini.

HIV dapat ditularkan orang tua yang terinfeksi pada anaknya lewat transfusi darah yang terinfeksi.

Selain itu gaya hidup yang enggak baik seperti pergaulan bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang juga bisa menjadi salah satu penyebab penularan HIV.

Pasien HIV akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang makin menurun, dan dalam kurun waktu antara 5-7 tahun masih terlihat seperti orang sehat tanpa gejala.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Cegah Risiko Penyakit, dari Salmon Hingga Jeruk