Find Us On Social Media :

3 Tahapan Rapat pada Momentum Deklarasi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Momentum hari sumpah pemuda mengingatkan bahwa Indonesia yang begitu heterogen dalam budaya punya potensi persatuan yang solid.

GridKids.id - Kids, pada 28 Oktober mendatang merupakan peringatan hari Sumpah Pemuda.

Tentunya kamu sudah enggak asing dengan peringatan nasional yang satu ini, tapi tahukah kamu apa makna penting dari peringatan hari Sumpah Pemuda tiap tahunnya?

Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum penting pengingat bahwa meski Indonesia penuh keberagaman bukanlah alasan untuk terpecah dan enggak bersatu.

Penjajahan Belanda yang berlangsung untuk waktu yang sangat lama sebenarnya mengupayakan agar persatuan jangan sampai terjadi.

Pemerintah Hindia Belanda bahkan melarang banyak perkumpulan dan ide tentang nasionalisme karena hal itu dikhawatirkan akan mendorong terjadinya pemberontakan pada pemerintah.

Potensi Indonesia yang ketika itu masih disebut dengan Hindia Belanda untuk bersatu dan memperjuangkan nasib bangsanya merupakan ancaman bagi pemerintah Hindia Belanda sebagai penjajah.

Sumpah Pemuda juga menandai bahwa perjuangan dengan bentuk baru harus dimulai karena perjuangan angkat senjata tak lagi relevan.

Meski ditetapkan pada momentum 28 Oktober 1928, upaya dan awal mula lahirnya momentum Sumpah Pemuda sudah dimulai sejak dua tahun sebelumnya.

Pada September 1926, tokoh-tokoh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) atau Indonesische Studentbond, seperti Soegondo Djojopuspito, dkk., memelopori penyatuan organisasi pemuda Indonesia

Kala itu para kalangan terpelajar yang berasal dari mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Jakarta (Rechtshoogeschool te Batavia/RHS) dan Sekolah Tinggi Teknik Bandung (Technische Hoogeschool te Bandoeng /THS) mulai mengemukan ide tentang menyatukan seluruh organisasi pemuda yang ada di Indonesia.

Pertemuan demi pertemuan dilangsungkan di waktu dan tempat berbeda hingga akhirnya ide ini berhasil direalisasikan pada 28 Oktober 1928 dan kita kenal sebagai peringatan hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Tur Virtual Museum Sumpah Pemuda, Cara Seru dan Aman Belajar Sejarah Selama Pandemi