Find Us On Social Media :

28 Nama Daerah Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dan Ibu Kotanya

Rumah Bolon adalah rumah adat dari Toba, Sumatera Utara.

GridKids.id - Pada artikel pengetahuan umum sebelumnya kamu sudah diajak melihat nama-nama kabupaten dan ibu kota kabupaten di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Nah, kali ini kamu diajak melihat ke provinsi lain di Pulau Sumatra, yaitu Provinsi Sumatera Utara.

Dilansir dari bpkp.go.id, Provinsi Sumatera Utara beribukota di Medan, dan berbatasan langsung dengan Aceh, Sumatera Barat, Riau, dan Selat Sumatera.

Daerah Sumatera Utara terdiri atas pantai dan dataran rendah di sebelah Timur dan Baratnya, dan bagian dataran tinggi yang terdapat di dataran tinggi Karo, Toba, dan Humbang.

Kekayaan alam yang dimiliki Sumatera Utara adalah minyak bumi, batu bara, belerang, emas, dan berbagai hasil tambang lainnya.

Hutan Sumatera Utara menghasilkan berbagai hasil alam seperti kayu, damar dan rotan, dan hasil pertaniannya adalah padi, sayur-mayur, dan tanaman perkebunan lain.

Penduduk Sumatera Utara memiliki berbagai golongan etnis yang tinggal di kawasan ini, mulai dari penduduk asli, penduduk pendatang dan penduduk asing.

Penduduk asli merupakan orang-orang dari suku Melayu, Batak Karo, Simalungun, Fak-Fak/Dairi, Batak Toba, Mandailing, Pesisir dan Nias.

Sedangkan golongan pendatang misalnya Jawa, Sunda, Bali, Ambon, Minahasa, Banjar, Palembang, Riau, Minangkabau, dan lain-lain. Lalu, penduduk asingnya berasal dari orang-orang Arab, Cina, dan bangsa asing lainnya.

Penduduk Sumatera Utara 80%nya tinggal di desa dan berprofesi sebagai petani dan sisanya tinggal di kota sebagai pedagang, pegawai, tukang, dsb.

Berikut adalah daftar nama-nama kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dan ibu kota besarnya, di antaranya:

Baca Juga: Meski Banyak Mengikuti Perkembangan Zaman, Batak Toba Masih Tak Lepas dari Ulos