Find Us On Social Media :

12 Dampak Penggunaan Media Sosial pada Era Globalisasi Modern

Kemajuan teknologi mendorong makin majunya komunikasi era modern dalam bentuk media sosial. Apa saja dampaknya bagi kehidupan masyarakat modern?

GridKids.id - Globalisasi membawa kemajuan dan perkembangan dunia ke fase yang sangat berbeda dari beberapa dekade sebelumnya.

Kemajuan teknologi mendorong mulai bermunculannya berbagai inovasi yang menjadi daya tarik globalisasi yang terus terjadi hingga saat ini.

Globalisasi terus menjadi tren yang enggak bisa dihindari dan menghasilkan perubahan sosial masyarakat dunia.

Fenomena globalisasi membawa dampak baik dan buruk khususnya dalam kebiasaan penggunaan media sosial oleh masyarakat.

Semua lapisan usia terbiasa menggunakan media sosial sebagai salah satu wadah berekspresi, berbagi, dan mencari segala informasi yang diperlukan sehari-hari.

Tak hanya itu, media sosial berguna untuk menghubungkan individu satu dengan individu lain tak peduli dengan batasan ruang atau waktu.

Perkembangan teknologi informasi mendorong segala hal bisa diakses menggunakan internet sehingga pencarian berbagai informasi tak lagi mengenal batasan.

Hal ini berdampak pada bahan belajar yang tak lagi konvensional, namun bisa diakses dengan berbagai cara baru yang jauh lebih kreatif.

Berbagai media edukasi menyenangkan misalnya dalam bentuk video informatif dan interaktif yang disusun untuk menarik minat untuk belajar lebih banyak.

Tak bisa dipungkiri keberadaan media sosial membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat, khususnya generasi muda.

Lalu, apa sajakah dampak yang disebabkan oleh makin masifnya budaya penggunaan media sosial oleh masyarakat luas?

Baca Juga: 5 Dampak Globalisasi Bagi Sebuah Negara, Positif dan Negatifnya