Find Us On Social Media :

Menyimak Teks 'Permasalahan Lingkungan Mengancam Kehidupan', IPAS Kelas 5 SD Tema 8

Bumi kini semakin banyak mengalami permasalahan lingkungan hidup yang mengancam kehidupan Bumi di masa mendatang.

GridKids.id - Pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu diajak melanjutkan materi IPAS Kelas 5 SD Tema 8 yaitu Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Dalam buku IPAS Kelas 5 SD Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 228-229 masuk ke Topik C: Permasalahan Lingkungan Mengancam Kehidupan.

Bumi menyediakan berbagai sumber makanan dan berbagai materi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan manusia sehingga bisa mempertahankan hidupnya.

Sumber daya alam yang bisa diperoleh dari Bumi meliputi air, udara, tanah, tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan lain sebagainya.

Tak hanya berbagai materi sumber daya alam untuk dikonsumsi, manusia juga perlu udara bersih supaya bisa bernapas dengan lancar.

Selain itu, air juga dipergunakan manusia untuk minum, mandi, dan mencuci berbagai perlengkapan hidupnya.

Tumbuhan seperti pada dibutuhkan sebagai salah satu sumber bahan pokok untuk dikonsumsi dan jadi sumber serat dan vitamin.

Lalu, hutan sebagai sumber diperolehnya berbagai material alam seperti kayu yang umum dipergunakan sebagai bahan untuk bahan konstruksi untuk membangun bangunan rumah.

Namun, jika kayu yang ada di hutan diambil terus menerus tanpa dijaga dan ditanami kembali maka hutan akan berubah jadi gundul.

Hutan yang gundul enggak akan bisa jadi penjaga keseimbangan ekosistem air dan udara yang baik sebagaimana seharusnya.

Hutan yang gundul bisa memicu munculnya bencana banjir ketika musim hujan, tanah longsor, hingga kepunahan satwa dan flora khas yang tinggal di dalamnya.

Baca Juga: Keterkaitan Antarkomponen Lingkungan Alam, IPS Kelas 7 SMP Tema 4