Find Us On Social Media :

Menyimak Teks 'Manusia dan Sampah', Materi IPAS Kelas 5 SD Tema 8

Sampah plastik perlu waktu lama untuk terurai dan berpotensi menyebabkan pencemaran di lautan yang membahayakan biota dan manusia di masa depan.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini akan meneruskan materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD Tema 8 yaitu Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Dalam buku materi IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 223-224 terdapat tulisan singkat tentang Manusia dan Sampah.

Hampir semua aktivitas yang dilakukan manusia menghasilkan sampah atau sisaan, hal ini akan makin banyak dan menumpuk seiring makin banyaknya jumlah manusia di muka bumi.

Sampah yang enggak bisa langsung diuraikan ada yang perlu waktu sangat lama untuk bisa terurai sempurna, salah satunya plastik.

Plastik akan menumpuk dalam waktu yang sangat lama dan mencemari lingkungan di mana sampah ini berada.

Sampah plastik yang enggak dikelola dan disortir dengan baik lalu dibuang sembarangan ke sumber air seperti sungai, danau, atau laut bisa menyebabkan pencemaran lingkungan.

Air sungai jadi tercemar dan enggak bisa digunakan lagi untuk keperluan manusia karena mengandung mikroplastik.

Mikroplastik adalah komponen plastik yang berukuran kurang dari lima milimeter dan jadi tempat menempelnya berbagai bahan-bahan berbahaya lainnya.

Komponen mikroplastik yang ada di sungai dialirkan sampai ke laut dan mencemari lautan juga.

Mikroplastik ini lalu dikonsumsi oleh ikan-ikan karena ikan tak bisa menyortir apa-apa yang ditelan di sungai atau laut.

Ikan-ikan yang tercemar mikroplastik lalu bisa ditangkap dan dikonsumsi oleh manusia juga.

SaBaca Juga: Salah Satunya Indonesia, Inilah Negara-Negara Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Dunia