Find Us On Social Media :

Jenis-Jenis Bencana Alam yang Terjadi di Bumi, IPAS Kelas 5 SD Tema 8

Bumi terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Salah satu penyebabnya adalah bencana alam yang terjadi secara alami.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Tema 8 yaitu Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Dalam buku materi IPAS Kelas 5 SD Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 216 terdapat topik A: Bumi Berubah.

Bumi adalah planet yang ditinggali manusia yang kini makin berubah karena pemanasan global yang terus terjadi.

Perubahan ini bisa terjadi secara alami atau terjadi karena perilaku dari manusia yang tinggal di dalamnya.

Perubahan wajah bumi bisa terjadi dipengaruhi oleh faktor peristiwa alam yang tak bisa dicegah tapi bisa diantisipasi.

Penanggulangan bencana kini sudah memanfaatkan perkembangan alat-alat teknologi canggih, misalnya alat pendeteksi tsunami yang dipasang di lepas pantai wilayah tertentu.

Dengan adanya beberapa alat-alat penanggulangan bencana bisa jadi peringatan dini bagi warga atau penduduk di daerah rawan bencana untuk menyelamatkan diri sehingga mengurangi risiko korban jiwa.

Selain itu, ada juga temuan untuk mendeteksi kemungkinan banjir yang bisa sangat bermanfaat untuk negara tropis yang rawan banjir setiap musim hujan seperti Indonesia.

Peristiwa alam yang paling sering terjadi dan bisa membahayakan misalnya seperti gempa bumi, gunung meletus, juga gelombang tsunami.

Peristiwa alam ini bisa terjadi karena aktivitas yang terjadi di dalam Bumi hingga enggak bisa dilihat oleh mata manusia biasa.

Beberapa contoh peristiwa atau bencana alam adalah gempa bumi, tsunami, gunung meletus, badai, hingga angin puting beliung.

Baca Juga: Tsunami: Penyebab, Jenis-Jenis, hingga Dampaknya bagi Kehidupan