Find Us On Social Media :

7 Judul Pertunjukan Balet Paling Terkenal di Dunia #AkuBacaAkuTahu

Balet adalah salah satu genre populer yang dikenal sebagai salah satu jenis tarian terindah dengan teknik paling sulit di dunia.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat para penari balet yang bergerak dengan anggun seperti angsa yang cantik?

Balet merupakan salah satu genre tarian yang berasal dari masa renaisans atau masa pembaruan yang terjadi di Italia pada abad 15.

Istilah balet berasal dari kosa kata bahasa Italia yaitu balletto yang berasal dari ballo yang berarti menari.

Tak ada bukti tentang siapa orang pertama yang menciptakan genre tarian ini, tapi para sejarawan meyakini bahwa balet pertama atau balet sejati adalah Le Ballet Comique de la Reine (The Comic Ballet of the Queen) yang dipentaskan pertama kali selama lima jam untuk Catherine de Medici (Ratu Prancis pada 1547-1559) pada Oktober 1581.

Balet disebut dikoreografikan oleh Balthasar de Beaujoyeulx yang merupakan gabungan dari puisi, musik, desain, dan tentunya tarian yang diproduksi langsung oleh Jean-Antoine de Baif yaitu Academie de Poesie et de Musique.

Para penari balet awalnya enggak menggunakan busana dan sepatu khas yang anggun seperti yang kita kenal hari ini, melainkan seperangkat seragam yang berlapis-lapis hingga ornamen yang membuat para penarinya sulit bergerak dengan leluasa.

Balet yang identik dengan tarian ujung jari kaki atau en pointe (on toe) yang populer ternyata baru mulai dilakukan pada awal abad-19 dengan beberapa penari balet perempuan yang tambil dengan rok putih mekar.

Uniknya gerakan on toe ini adalah salah satu gerakan balet yang hanya diperuntukkan untuk penari balet perempuan.

Dilansir dari superprof.co.id, berikut ini adalah tujuh pertunjukkan balet paling terkenal sepanjang masa, di antaranya:

7 Pertunjukan Balet paling terkenal Sepanjang Masa

1. Don Quixote

Baca Juga: Keren! Potret Hewan di Penampungan dengan Penari Balet Agar Cepat Diadopsi, Hasil Karya Fotografer Ini Bikin yang Lihat Kagum