Find Us On Social Media :

5 Dampak Negatif Globalisasi Bidang Politik, Salah Satunya Melunturkan Rasa Nasionalisme

Globalisasi di bidang politik membawa dampak negatif, salah satunya kebebasan berpendapat dan berekspresi yang tak terkendali.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kamu sudah diajak melihat dampak positif globalisasi di bidang politik dan penyelenggaraan pemerintahan suatu negara.

Bidang politik dipengaruhi oleh globalisasi tentunya memengaruhi juga berbagai bidang kehidupan dan penyelenggaraan pemerintah negara.

Jika sebelumnya kamu sudah mengenal dampak positif globalisasi di bidang politik, kali ini kamu akan diajak belajar tentang dampak negatifnya, nih.

Berikut adalah dampak negatif globalisasi di bidang politik yang memengaruhi penyelenggaraan sebuah negara, di antaranya:

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Politik

1. Menyebabkan Lunturnya Rasa Nasionalisme

Makin derasnya arus globalisasi bisa mendorong lunturnya perasaan nasionalisme dan cinta tanah air.

Hal ini bisa terjadi karena makin banyak pengaruh budaya asing yang nilai-nilainya bisa jadi berlawanan dengan nilai kehidupan asli Indonesia.

Kondisi ini bisa merugikan negara dan memicu munculnya risiko pecahnya keutuhan atau menghambat integrasi nasional.

Salah satu contoh masuknya pengaruh asing misalnya ideologi asing seperti paham liberalisme yang mendorong munculnya harapan untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran.

Namun, jika keberadaan liberalisme ditempatkan diatas ideologi Pancasila sebagai ideologi negara bisa menyebabkan hilangnya rasa nasionalisme karena pancasila enggak dijunjung tinggi lagi sebagai pedoman kehidupan bernegara.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Globalisasi di Bidang Politik, Salah Satunya Kebebasan Berpendapat