Find Us On Social Media :

3 Penyebab Anjing Suka Mengendus Sekitarnya, Jadi Cara Anjing Berkomunikasi

Anjing suka mengendus, ternyata hal itu berkaitan dengan proses belajar mengenali sekitarnya.

GridKids.id - Anjing adalah hewan peliharaan yang aktif dan dikenal punya kepribadian ekstrovert.

Ketimbang diam dalam ruangan, anjing lebih perlu diajak untuk aktif bergerak tak hanya di dalam rumah tapi juga keluar rumah.

Beraktivitas di luar ruangan adalah salah satu rutinitas atau kegiatan yang baik untuk mendukung kesehatan anjing yang punya kelebihan energi.

Ketika berada di luar ruangan anjing bisa memanfaatkan waktunya untuk menyalurkan naluri alami dalam dirinya.

Salah satu respon yang ditunjukkan anjing ketika berada di luar ruangan adalah mengendus apapun yang dilihatnya di jalan.

Kemampuan mengendus adalah sesuatu yang alami dimiliki anjing selama proses pertumbuhan anjing dari kecil sampai dewasa.

Anjing biasanya tumbuh beradaptasi dalam menguasai pengendalian dan kemampuan sensoriknya sejak lama untuk melihat dan mengamati lingkungan sekitarnya.

Hidung anjing dirancang untuk selalu mengendus bahkan kemampuan mengendusnya 10 kali lebih tajam daripada penciuman manusia.

Sistem penciuman anjing cukup rumit dan memungkinkan anjing memproses berbagai informasi di sekitarnya hanya mengandalkan kemampuan mencium atau mengendusnya.

Sistem ini punya nama sendiri yaitu reses olfaktorius yang mencakup lebih dari separuh hidung anjing, sistem inilah yang enggak dimiliki oleh manusia.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat anjing suka mengendus hal-hal di sekitarnya, di antaranya:

Baca Juga: Tak Hanya Merasa Aman, Inilah 3 Penyebab Anjing Suka Duduk di Kursi Pemiliknya