Find Us On Social Media :

5 Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Salah Satunya Munculkan Kesenjangan Sosial

Pendidikan adalah salah satu bidang yang terdampak makin melajunya proses globalisasi yang makin mendunia. Apa saja dampak negatifnya?

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya GridKids sudah mengajakmu untuk melihat dampak-dampak positif dari adanya globalisasi di bidang pendidikan.

Pendidikan adalah salah satu bidang yang digunakan untuk mengembangkan potensi anak bangsa yang akan meneruskan masa depan bangsa Indonesia.

Pendidikan yang berkualitas dan penuh inovasi yang makin maju akan mendorong generasi muda atau generasi penerus bangsa akan terdidik dan terfasilitasi dengan baik untuk memaksimalkan potensi dirinya.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk membahas bersama tentang dampak-dampak negatif dari adanya globalisasi di bidang pendidikan.

Berikut adalah dampak-dampak negatif yang muncul ketika terjadi globalisasi di bidang pendidikan, di antaranya:

Dampak-Dampak Negatif Terjadinya Globalisasi di Bidang Pendidikan

1. Munculnya Kesenjangan Sosial di Tengah Masyarakat

Globalisasi di bidang pendidikan tak bisa dipungkiri bisa mendorong munculnya kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Metode pembelajaran yang berbasis teknologi canggih memang memberi kesempatan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Namun, di sisi lain ada beberapa situasi terkait akses dan keterjangkauan alat atau media yang belum tentu bisa dimilikki atau dirasakan semua pelajar

Hal ini bisa jadi salah satu permasalahan baru dalam bidang pendidikan karena pelajar yang berasal dari kelas ekonomi atas dengan para pelajar kelas menengah hingga bawah punya perbedaan yang sangat kentara.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Terjadinya Globalisasi di Bidang Sosial-Budaya Masyarakat