Find Us On Social Media :

Mengenal Bagian-Bagian Laporan Perjalanan, Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 6

Laporan perjalanan ditulis untuk melaporkan hasil pengamatan dan pengalaman ketika berkunjung ke sebuah lokasi.

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan diajak melanjutkan materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 6 yaitu satu titik.

Dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 150- 151 terdapat sub bab menulis laporan perjalanan.

Laporan perjalanan merupakan sebuah bentuk laporan yang berisikan kegiatan atau aktivitas seseorang atau kelompok dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat yang dikunjunginya.

Laporan perjalanan harus disesuaikan dengan pengamatan atau observasi langsung juga pengalaman penulis laporan di suatu tempat atau lokasi yang dikunjungi.

Dari penjelasan di atas kamu sudah bisa memahami bahwa laporan perjalanan adalah sebuah laporan yang di dalamnya berisi kegiatan dan aktivitas seseorang ketika berkunjung ke suatu tempat.

Tak hanya berisikan laporan pengamatan di lokasi, laporan perjalanan juga memuat laporan persiapan sebelum perjalanan dimulai, hingga tujuan yang ingin dicapai dari dilakukannya perjalanan tersebut.

Tentunya dalam proses penulisan laporan perjalanan harus memerhatikan tata bahasa yang baik dan benar.

Unsur-unsur dalam laporan perjalanan harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Berikutnya kamu akan diajak melihat kerangka karangan yang bisa kamu jadikan panduan untuk menyusun sebuah laporan perjalanan.

Yuk, simak sama-sama uraian kerangka karangan pada buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD di hlm. 151 berikut ini.

Bagian-Bagian Kerangka Karangan untuk Menyusun Laporan Perjalanan

Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi (LHO): Pengertian dan Susunan Strukturnya