Find Us On Social Media :

Tak Hanya Cegah Depresi, Inilah 5 Dampak Positif Memelihara Anjing di Rumah

Anjing adalah hewan peliharaan yang banyak membawa dampak positif untuk kesehatan manusia.

GridKids.id - Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara di rumah.

Tak hanya setia, penyayang, dan juga protektif, anjing juga merupakan hewan peliharaan yang pintar dan mudah dilatih untuk melakukan beberapa perintah.

Dilansir dari klikdokter.com, beberapa studi ilmiah yang dilakukan di Amerika dan Inggris menemukan fakta bahwa kehadiran anjing bisa membantu pemiliknya hidup lebih lama.

Jika seseorang memelihara anjing di rumah ternyata itu bisa membawa pengaruh baik bagi kesehatan seseorang.

Dalam sebuah jurnal ilmiah yaitu Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes sangat disarankan untuk memiliki anjing.

Anjing bisa mendukung hidup dan kesehatan seseorang jadi lebih baik untuk waktu yang lama.

Menurut American Heart Association, seseorang yang punya riwayat penyakit jantung dan hidup sendirian akan punya 33% risiko kematian yang lebih rendah jika memelihara anjing di rumahnya.

Anjing dipercaya bisa meningkatkan harapan hidup pemiliknya dan memengaruhi prosentase sebesar 31% risiko lebih kecil untuk mengalami masalah kesehatan jantung ketimbang orang yang enggak memelihara anjing di rumahnya.

Tak hanya baik untuk kesehatan pemiliknya, ketika seseorang memelihara anjing bisa berpengaruh baik untuk menjaga suasana hati yang lebih baik atau bahagia.

Ketika manusia berinteraksi dengan anjing maka akan mendorong produksi hormon bahagia yaitu serotonin, oksitosin, dan dopamin.

Ketika hormon ini diproduksi bisa menyebabkan seseorang merasa bahagia dan merasa lebih baik, sekaligus menurunan kadar hormon kortisol atau hormon pemicu stres.

Baca Juga: Tak Hanya Sakit, Inilah 5 Kondisi yang Memicu Anjing Peliharaan Banyak Tidur