Find Us On Social Media :

Belajar Lebih Lanjut: Pemanfaatan Sumber Daya Alam, IPA Kelas 5 SD Tema 6

Sumber daya alam berupa rempah-rempah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu untuk mengolah berbagai sajian khas nusantara yang lezat dan menyehatkan.

GridKids.id - Kids, kembali lagi ke artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 5 SD Tema 6 yaitu Indonesia Kaya Raya.

Dalam buku materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 5 SD Tema 6 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 175-176 terdapat teks belajar lebih lanjut berjudul pemanfaatan Sumber Daya Alam.

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kaya akan rempah-rempah, dan rempah-rempah itu umumnya dimanfaatkan untuk keperluan hidup sehari-hari.

Tiap wilayah Indonesia bahkan punya beranekaragam sumber daya alam yang beberapa juga dimanfaatkan secara tradisional atau penggunaan rumah tangga.

Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

Belajar Lebih Lanjut: Pemanfaatan Sumber Daya Alam

1. Sumber Bahan Pangan

Masakan Indonesia dikenal lezat karena biasanya diolah menggunakan berbagai jenis rempah-rempah, seperti lada, jahe, bawang-bawangan, lengkuas, kunyit, serai, cabai, dan masih banyak lagi.

Masakan yang dimasak menggunakan berbagai jenis rempah akan semakin lezat dan tentunya menambah selera makan orang yang menyantapnya.

2. Obat-Obatan Alami

Banyak obat-obatan tradisional yang dibuat dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan, di antaranya:

Baca Juga: Mudah Ditemukan di Indonesia, Ketahui Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Atasi Infeksi Saluran Kencing