Find Us On Social Media :

6 Dampak Positif Globalisasi di Bidang Sosial-Budaya

Globalisasi atau proses mendunia yang terjadi karena kemajuan zaman yang membawa pengaruh di berbagai bidang, salah satunya bidang sosial-budaya.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak GridKids membahas tentang dampak negatif globalisasi bagi bidang sosial budaya masyarakat.

Sekarang kita pahami juga dampak-dampak positif globalisasi di bidang sosial dan budaya, yuk!

Beberapa poin yang disoroti adalah masyarakat didorong untuk meyakini bahwa kehidupan harus menjadi sekular dan berpusat pada hal-hal materiil.

Kondisi itu bisa terlihat dari adanya tren terbaru sehingga nilai atau norma asli mulai terpinggirkan.

Proses mendunia yang terjadi di mana-mana akibat dari makin meluasnya proses globalisasi kini makin menunjukkan perubahan dan dampak dalam berbagai bidang kehidupan.

Tak hanya berkutat pada dampak negatif, kali ini kamu akan diajak mengenal dampak positif dari meluasnya globalisasi bagi bidang sosial-budaya dalam masyarakat. Yuk, simak uraian poin lengkapnya di bawah ini, Kids.

Dampak Positif Globalisasi Bagi Bidang Sosial-Budaya

1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kehidupan sosial-ekonomi sebuah bangsa jadi lebih efisien, efektif, sekaligus produktif.

Globalisasi membuka peluang bagi tiap negara untuk belajar banyak hal positif dari negara lain.

Proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi ini akan semakin efisien dan terjadi secara global dalam waktu yang hampir bersamaan.

Baca Juga: Pengertian, Hubungan dan Dampak Adanya Modernisasi dan Globalisasi