Find Us On Social Media :

Menyimak Teks 'Keanekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia', IPA Kelas 5 SD Tema 6

Indonesia dikenal memiliki flora dan fauna unik yang terbagi jadi tiga corak, yaitu asiatis, peralihan, dan australis. Apa saja maksudnya?

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 5 SD sudah masuk ke tema 6 yaitu Indonesia Kaya Raya.

Dalam buku materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 5 SD Tema 6 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 173-174 terdapat sebuah teks bacaan berjudul 'Keanekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia'.

Indonesia dikenal sebagai negara yang punya beraneka flora dan fauna yang unik dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia terbagi jadi tiga wilayah, yaitu Asiatis di Indonesia Barat, Peralihan di Indonesia Tengah, dan Australis di Indonesia Timur.

Wilayah Barat memiliki kemiripan flora dan fauna di Asia, lalu wilayah Indonesia Tengah memiliki ciri khas unik yang hanya ditemukan di wilayah tersebut.

Sedangkan wilayah Timur memiliki kemiripan dengan flora dan fauna yang ditemukan dan hidup di benua Australia.

Selanjutnya akan dijelaskan satu persatu tentang tipe flora dan fauna di Indonesia, di antaranya:

Tipe Flora dan Fauna di Indonesia

1. Indonesia Barat

- : Wilayah Indonesia Barat memiliki curah hujan tinggi sehingga jenis floranya beraneka ragam.

Baca Juga: Persebaran Jenis Hewan Golongan Fauna Asiatis, Apa Saja Contohnya?

Wilayah ini memiliki hutan lebat yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman, seperti meranti, rotan, jati, keruing yang bisa jadi bahan baku untuk industri meubel.