Find Us On Social Media :

Menyimak Teks 'Anak-Anak Merapi', Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 6

Gunung Merapi adalah gunung api paling aktif di Indonesia. Dalam kurun waktu 5 abad sudah terjadi 60 kali letusan.

GridKids.id - Halo, Kids, kembali lagi ke materi Belajar dari Rumah (BDR) materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 6 yaitu satu titik.

Dalam buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 144-146 terdapat teks bacaan berjudul 'Anak-Anak Merapi'.

Teks bacaan itu menceritakan tentang tiga orang anak-anak bernama Yono, Panji, dan Ratna yang berjalan bersama ke sekolah.

Kali itu ketiganya berangkat sekolah lebih pagi dari biasanya karena ketiganya mendapatkan tugas piket di sekolah.

Ketiga anak itu tinggal di lereng Gunung Merapi yang tahun lalu erupsi dan memuntahkan awan panas atau yang lebih dikenal dengan Wedus Gembel.

Gunung Merapi adalah gunung api paling aktif di Indonesia, gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketinggian gunung Merapi mencapai 2.390 mdpl, dan sejak 1548 gunung ini sudah meletus lebih dari 60 kali.

Ketika erupsi, gunung Merapi menyemburkan hawa panas dan awan tebal yang menggumpal dan dinamakan warga setempat sebagai wedus gembel.

Ratna bercerita bahwa setiap kali meletus warga akan mengungsi sampai material merapi selesai meluap, material abu dan lava yang dimuntahkan akan membantu tanah di sekitar merapi jadi lebih subur.

Meski begitu, setiap kali meletus ada banyak hal yang harus direlakan termasuk harta benda hingga hewan ternak warga.

Selanjutnya kamu diminta menjawab pertanyaan di hlm. 146 berdasarkan teks bacaan 'Anak-Anak Merapi' yang sudah kamu simak sebelumnya.

Baca Juga: 24 Gunung Api Tertinggi di Indonesia: Lokasi, Tahun Meletus, Ketinggian