Find Us On Social Media :

Tak Hanya Sehat, Ini Alasan Orang Jepang Suka Jalan Kaki #AkuBacaAkuTahu

Kebiasaan jalan kaki di Jepang sudah ditanamkan dan dibiasakan sejak dini.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang punya hobi jalan kaki?

Ketika tempat yang ingin dicapai enggak terlalu jauh jaraknya, biasanya seseorang akan menjangkaunya dengan berjalan kaki.

Tapi, bagi orang Jepang ternyata berjalan kaki adalah salah satu cara mobilisasi paling populer, lo, Kids.

Kebiasaan jalan kaki sudah dibudayakan dan dibiasakan sejak masih kecil, inilah yang membuat orang Jepang bisa punya kebiasaan berjalan kaki kemanapun mereka pergi.

Namun, faktor-faktor pendukung seperti ketersediaan transportasi dan fasilitas umum, kondisi udara yang masih segar juga jadi pendorong masyarakat Jepang senang bergerak aktif setiap harinya.

Kebiasaan berjalan kaki yang sudah ditanamkan sejak kecil ini juga membuat anak-anak di Jepang tumbuh jadi anak yang mandiri.

Anak-anak Jepang dibiasakan pergi jalan kaki sendiri ke sekolah tanpa diantar kendaraan oleh orang tua. Biasanya anak-anak ini akan berjalan kaki dalam gerombolan ke sekolahnya.

Rute jalan kakinya biasanya sudah ditentukan pihak sekolah dan anak-anak akan pergi dalam kelompok-kelompok yang diawasi oleh pihak-pihak yang saling bekerja sama untuk keamanan anak-anak, misalnya pihak sekolah, guru-guru, dan perwakilan orang tua.

Di Jepang bahkan kebiasaan berjalan kaki menjadi salah satu penerapan dari mata pelajaran Syakai atau pelajaran ilmu sosial yang membahas tentang lingkungan sekitar anak-anak.

Syakai bertujuan mengajak anak-anak untuk mengamati lingkungan sekitarnya dengan cermat yang akan meningkat tahapannya setiap anak-anak masuk tingkatan kelas yang lebih tinggi.

Selain syakai, ada juga kegiatan-kegiatan yang mendorong anak aktif bergerak dan belajar, seperti Gakkou Tanken (Eksplorasi Sekolah) dan Machi Tanken (Eksplorasi Lingkungan).

Baca Juga: Tak Hanya Disiplin Waktu, Ketahui 7 Kebiasaan Unik Orang Jepang Ini