Find Us On Social Media :

25 Nama-Nama Candi Peninggalan Sejarah di Indonesia dan Lokasinya

Candi adalah bangunan peninggalan sejarah yang difungsikan sebagai tempat bersemayamnya pripih atau hal-hal duniawi milik tokoh penting seperti raja.

GridKids.id - Kids, kembali lagi dengan artikel pengetahuan umum bersama GridKids, nih.

Pada artikel sebelumnya kamu diajak mengenal nama-nama kerajaan di nusantara dan berbagai peninggalan prasasti dari kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Kali ini kamu akan diajak untuk mengenal peninggalan sejarah lainnya, yaitu candi.

Candi berasal dari salah satu nama sebutan untuk Dewi Durgi atau Dewi Maut, yaitu Candika.

Inilah kenapa candi dijadikan sebuah bangunan untuk memuliakan orang yang sudah meninggal dunia, khususnya raja dan para tokoh-tokoh penting kerajaan.

Berbeda dengan pusara atau makam umat muslim di mana jasad ditanam dalam tanah, benda yang dikuburkan di candi adalah pripih milik raja.

Pripih merupakan lambang zat-zat jasmaniah milik raja yang sudah disatukan kembali degan dewa penitisnya.

Sedangkan jasad sang raja atau tokoh yang akan dicandikan akan dibakar dan dilarung di laut sebagai salah satu jalan untuk menyempurnakan roh agar memudahkan jalannya menjadi dewa.

Seiring perkembangannya candi tak hanya jadi bangunan khas umat Hindu melainkan juga dijadikan bangunan milik penganut ajaran Buddha.

Namun, tentunya ada perbedaan tujuan pembangunan candi Buddha dengan candi-candi Hindu yaitu upaya untuk menggambarkan kemuliaan Buddha yang disimbolkan dengan bangunan stupa.

Berikut ini adalah daftar nama-nama peninggalan sejarah berupa candi dan lokasinya. Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Mengenal Bagian-Bagian Candi Borobudur yang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO