Find Us On Social Media :

Ternyata Ada Alasan Ilmiah di Balik Sifat Setia Anjing pada Pemiliknya, Apa Itu?

Anjing adalah hewan peliharaan yang dikenal karena kesetiaannya.

GridKids.id - Anjing dikenal sebagai peliharaan manusia yang penyayang dan juga setia.

Anjing selalu bersikap protektif pada anggota keluarga yang merawat dan memeliharanya, hal itu terlihat dari banyak video CCTV anjing melindungi dan menjaga manusia kecelakaan atau bahaya.

Anjing juga dikenal bisa memahami emosi dan perasaan manusia yang sedang enggak bahagia, biasanya anjing akan mendekat dan memeluk pemiliknya supaya perasaan pemiliknya jadi lebih baik.

Kesetiaan anjing begitu terkenal sampai menginspirasi banyak karya film yang mengangkat cerita tentang persahabatan manusia dan anjing, misalnya Hachiko, Hearty Paws, hingga Air Bud.

Ternyata kesetiaan merupakan perilaku alami dari seekor anjing, hal ini berkembang sejak lama.

Dilansir dari Psychology Today, anjing mengembangkan kemampuan berempati dari interaksinya dengan manusia.

Anjing bahkan bisa memahami bahasa tubuh dan ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia dan menjadi cara anjing untuk bisa berkomunikasi dengan manusia di dekatnya.

Jika ditarik sejarahnya, anjing masih satu famili dengan serigala yang juga hidup sebagai hewan komunal yang bertahan hidup dengan hidup berkelompok.

Meski akhirnya anjing sudah menjadi hewan domestik yang hidup bersama manusia, naluri untuk berinteraksi dengan sekitarnya membuat anjing jadi hewan yang setia bagi manusia.

Kesetiaan anjing pada manusia disebut berkaitan dengan hidup anjing yang bergantung pada manusia, mulai dari tempat tinggal hingga persediaan makanannya.

Namun, kedekatan anjing dan manusia sebenarnya tak bisa dilihat sebagai simbiosis mutualisme, karena nyatanya anjing begitu menyayangi pemiliknya dan senang jika pemiliknya ada di dekatnya mengajaknya bermain.

Baca Juga: Bisa Menunjukkan Emosi Seperti Manusia, Ini 4 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Merasa Sedih