Find Us On Social Media :

Banyak Tak Disukai Anak-Anak, Kenapa Obat Punya Rasa Pahit?#AkuBacaAkuTahu

Obat dikenal punya rasa yang pahit, ternyata hal itu karena obat terbuat dari zat asam dan basa yang punya rasa yang pahit atau asin yang kuat.

GridKid.id - Kids, kebanyakan orang menganggap minum obat sebagai momok yang menyebalkan.

Hal ini tentunya berkaitan dengan rasa obat yang pahit dan enggak enak.

Anak-anak dikenal sangat sensitif dengan rasa pahit sehingga enggak aneh kalau waktu minum obat menjadi salah satu momen yang enggak menyenangkan untukmu.

Tapi, tahukah kamu kenapa obat bisa punya rasa yang pahit?

Dilansir dari kompas.com, menurut Loyd Allen, PhD, seorang apoteker yang juga pimred International Journal and Componding, menyatakan bahwa membuat obat-obatan jadi lebih mudah diterima indera perasa adalah sesuatu yang masih terus coba dicari solusinya.

Pasalnya jika obat-obatan diolah dengan cita rasa yang lebih ramah atau enak di lidah, maka ada risiko senyawa dalam obat jadi rusak dan enggak bisa bekerja dengan maksimal, nih, Kids.

Selain itu, jika obat-obatan dibuat dan dirancang jadi sesuatu yang memiliki aroma dan rasa yang enak, akan ada risiko konsumsi berlebihan hingga overdosis yang membahayakan nyawa orang yang mengonsumsinya.

Alaminya, obat-obatan memang seharusnya punya rasa yang enggak ramah atau lezat di lidah.

Hal ini berasal dari komposisi utama untuk membuat obat yang terdiri dari berbagai zat asam dan basa yang punya cita rasa pahit atau asin yang kuat.

Selain itu, komposisi tambahan yang digunakan untuk memadatkan tekstur obat dan mengawetkannya juga menambah rasa enggak enak ketika kita mengonsumsinya.

Lalu, bagaimana sih cara lebih mudah dan ramah untuk minum obat yang pahit? Yuk, simak uraian cara konsumsinya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Benarkah Obat Tak Boleh Dikonsumsi Bersama dengan Soda?#AkuBacaAkuTahu