Find Us On Social Media :

Bisa Menunjukkan Emosi Seperti Manusia, Ini 4 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Merasa Sedih

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat dekat dan suka berinteraksi dengan manusia. Benarkah anjing bisa merasa sedih?

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa anjing bisa tersenyum meski enggak melibatkan emosi seperti manusia.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak mengenali dan belajar tentang emosi yang dirasakan anjing lainnya, yaitu kesedihan.

Kesedihan anjing menurut para ahli enggak serumit cara kerja emosi manusia ketika sedang bersedih.

Anjing dikenal punya cara tersendiri untuk menunjukkan perasaan yang dirasakannya terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.

Anjing akan menggoyangkan ekornya ketika merasa senang pada pemiliknya, tak jarang anjing juga akan minta dipangku dan bermanja-manja di sana selama beberapa saat.

Dilansir dari kompas.com, menurut Jen Jones, seorang pelatih anjing veteran mengungkap bahwa anjing punya pemikiran sendiri termasuk dalam hal emosi.

Meski begitu anjing bisa merasa sedih karena alasan yang mirip dengan manusia, seperti misalnya perasaan sakit, kesepian, kehilangan, dan tentunya perasaan sedih.

Sebagian anjing merasakan emosi sedih selama beberapa waktu yang singkat, dan beberapa kesedihan yang dirasakan anjing juga bisa berlangsung untuk waktu yang lama.

Hal tersebut dapat dilihat dari kisah-kisah setia tentang anjing yang selalu setia menunggui pemiliknya yang sudah meninggal supaya bisa kembali lagi.

Namun, rasa sedih yang dirasakan anjing ternyata berkaitan dengan manusia atau pemilik yang disayanginya, lo.

Perasaan sedih yang dirasakan manusia menular pada anjing yang merasa kasihan dengan kita, meski hewan ini enggak sepenuhnya bisa mengerti alasan dibalik emosi yang kita rasakan.

Baca Juga: Benarkah Anjing Bisa Tersenyum pada Manusia? Begini Penjelasan Ilmiahnya