Find Us On Social Media :

Hasil Diskusi Teks Laporan Wawancara "Kuat untuk Melindungi", Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 4

Ilustrasi teks laporan wawancara berjudul

GridKids.id - Kids, kali ini kita akan membahas materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD.

Kali ini GridKids akan mengajakmu membahas teks laporan wawancara berjudul "Kuat untuk Melindungi".

Teks laporan wawancara itu terdapat dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD tema 4 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 87-89.

Berikutnya kamu akan diajak mendiskusikan bersama teks laporan wawancara yang kamu baca berdasar pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Yuk, simak sama-sama jawaban-jawaban dari teks diskusinya di bawah ini.

Diskusi Teks Laporan Wawancara "Kuat untuk Melindungi"

Buku Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Tema 4 terbitan Kemdikbud, hlm. 87-89.

1. Judul laporan di atas adalah "Kuat untuk Melindungi". Menurut kalian, apa makna yang ingin disampaikan penulis dengan judulnya ini?

Jawab: Nurul Hidayati sebagai pewawancara ingin menyampaikan pesan penting bahwa Bela diri dan menjadi kuat bukan untuk mengecilkan dan menindas orang lain.

Ketika mempelajari bela diri dengan bersungguh-sungguh, kita akan memahami bahwa bela diri adalah bentuk melindungi diri sendiri dari serangan orang lain tanpa harus melukai atau mencederai.

Menjadi kuat tak berarti bisa semena-mena dan bersikap menyakiti pada orang lain, melainkan harus bisa melindungi dan menjaga orang-orang yang lebih lemah dan butuh bantuan.

Baca Juga: Pengertian Wawancara: Unsur dan Etikanya, Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

2. Apakah kalian setuju bahwa ilmu bela diri bukan untuk berkelahi? Jelaskan jawaban kalian!

Jawab: Belajar ilmu bela diri enggak seharusnya dijadikan alasan untuk mengajak orang lain berkelahi.

Kemampuan yang dipelajari dengan tekun dan bersungguh-sungguh seharusnya dimanfaatkan sebagai bekal untuk selalu melindungi diri dan orang-orang yang perlu bantuan.

Bukan menjadi alasan untuk mengajak orang lain berkelahi atau malah adu kekuatan, bukan itu tujuan belajar bela diri.

Seharusnya bela diri mendorong diri sendiri jadi versi terbaik dan bisa menjaga diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi.

3. Apa ilmu bela diri yang ingin kalian pelajari? Mengapa?

Jawab: Pencak silat, karena ilmu bela diri ini asli warisan leluhur. Banyak nilai luhur dan mendorong kita jadi lebih sehat dan bugar.

Tak hanya belajar menjaga diri kita juga bisa belajar menjaga kesehatan dan kebaikan diri sendiri.

4. Kira-kira apa saja daftar pertanyaan yang diajukan Nurul?

Jawab:

- Apa yang membuat kak Puspita tertarik belajar bela diri?

Baca Juga: Perbedaan Komunikasi Tanya Jawab Biasa dan Kegiatan Wawancara

- Kapan kak Puspita mulai aktif mempelajari bela diri?

- Nilai apa yang terkandung dalam gerakan-gerakan bela diri pencak silat?

- Apa saja manfaat yang dirasakan kak Puspita setelah menekuni seni bela diri pencak silat?

- Apakah yang jadi kunci kesuksesan kak Puspita sebagai atlet pencak silat berprestasi?

- Apakah harapan kak Puspita bagi teman-teman lainnya dan kemajuan Seni Bela diri pencak silat ini?

Pertanyaan:
Siapakah nama siswi yang melakukan kegiatan wawancara di atas?
Petunjuk, cek lagi page 1.

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.