Find Us On Social Media :

Menyimak Teks "Permukaan Bumi yang Berubah-ubah", IPA Kelas 5 SD Tema 4

Permukaan Bumi yang kita tinggali terus berubah seiring berjalannya waktu, seperti salah satunya disebabkan karena adanya bencana alam.

GridKids.id - Kids, apakah yang kalian ketahui tentang permukaan bumi yang terus berubah?

Kali ini artikel Belajar dari Rumah (BDR) akan mengajakmu mendalami materi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD Tema 4 tentang Berkenalan dengan Bumi Kita.

Dalam buku materi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 122-123 menjelaskan tentang sebuah teks tentang perubahan permukaan bumi yang terjadi secara terus menerus.

Jika pada artikel BDR sebelumnya kamu sudah belajar bahwa cuaca di sekitar kita bisa terus berubah, kali ini kamu akan diajak melihat bahwa perubahan juga bisa terjadi di permukaan bumi.

Perubahan pada permukaan bumi berkaitan dengan terjadinya bencana alam yang merubah kenampakan bumi, misalnya gunung meletus.

Misalnya pada kasus meletusnya Gunung Tambora yang awalnya punya ketinggian antara 4.200 mdpl, pasca meletus ketinggiannya berkurang banyak hingga hanya menyisa 2800 mdpl.

Tak hanya tingginya yang berubah dan berkurang, struktur gunung yang sebelumnya berbentuk kerucut lalu berubah jadi kawah besar.

Tak hanya gunung meletus, ada beberapa faktor alam lain yang berpengaruh pada perubahan permukaan bumi, misalnya gempa bumi, tanah longsor, hingga tsunami.

Peristiwa bencana alam ini mendorong terjadinya perubahan struktur permukaan bumi karena terjadinya pergerakan yang terus menerus.

Lalu, seperti apakah struktur lapisan Bumi yang kita tinggali ini?

Yuk, simak sama-sama seperti apa penjelasan lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: 4 Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya