Find Us On Social Media :

4 Teknik Dasar Permainan Rounders, Permainan Bola Kecil dari Inggris

Permainan rounders adalah salah satu jenis permainan bola kecil yang cukup populer dan sering dianggap mirip permainan kasti. Seperti apa teknik dasar permainannya?

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan diajak belajar teknik dasar permainan rounders.

Permainan rounders adalah salah satu jenis permainan bola kecil yang dimainkan dengan cara beregu atau berkelompok.

Permainan rounders sudah dimainkan sejak zaman Tudor di Inggris yaitu sekitar paruh awal abad-18, hal ini termuat dalam sebuah buku berjudul Pocket-Pretty Little karya John Newberry.

Permainan rounders memiliki teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti, seperti melempar, menangkap, hingga memukul sekaligus keterampilan mengecoh dan menghindari sentuhan bola.

Permainan rounders dilakukan oleh dua kelompok dengan menggunakan bola baseball atau bola tenis untuk menembak lawan atau tumpukan batu yang sudah disusun.

Kelompok yang menumpuk batu dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang akan memenangkan permainan.

Pada permainan awal akan ditentukan kelompok yang jadi penjaga awal dan kelompok yang akan dikejar, biasanya menggunakan suit.

Kelompok yang bertugas jadi penjaga harus menangkap bola secepat mungkin setelah tumpukan batunya berhasil dirobohkan oleh kelompok yang akan dikejar.

Jika bola yang ditembakkan berhasil menyentuh tubuh lawan, maka kelompoknya akan bertugas jadi penjaga tumpukan batu.

Permainan rounders memerlukan kerja sama dan kekompakkan antar pemainnya, peraturan permainan ini hampir sama seperti aturan permaikan kasti.

Lalu, seperti apakah teknik dasar permainan rounders yang harus kamu ketahui? Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Apa itu Permainan Rounders? Apakah Sama dengan Olahraga Kasti?