Find Us On Social Media :

4 Contoh Tindak Pelanggaran Hak dan Kewajiban di Lingkungan Keluarga

Dalam sebuah keluarga ada hak dan kewajiban tiap anggota keluarga yang wajib dipenuhi. Apa saja contoh pelanggaran hak dan kewajibannya?

GridKids.id - Kids, pada artikel-artikel sebelumnya kamu sudah belajar bersama GridKids tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia menurut sila dalam pancasila.

Nah, kali ini GridKids akan mengajakmu melihat bahwa pelanggaran hak dan pengingkaran terhadap kewajiban juga bisa terjadi di lingkup sosial paling kecil yaitu keluarga.

Keluarga merupakan kelompok dan lembaga sosial yang membentuk interaksi dan pengajaran tentang nilai-nilai dalam masyarakat bagi anak.

Peran masing-masing anggota keluarga terbagi dengan jelas, misalnya peran orang tua yang harus melindungi dan membimbing anaknya, hingga peran anak untuk patuh dan menghormati orang tuanya.

Anak-anak berhak memeroleh perlindungan, pendidikan, juga kasih sayang dari orang tuanya.

Sedangkan orang tua berhak mendapatkan kepatuhan dan rasa hormat dari anak-anaknya.

Anak-anak punya kewajiban untuk patuh dan menghormati apa yang disampaikan oleh orang tua mereka.

Anak-anak juga berkewajiban untuk mengikuti bimbingan orang tua, mendengarkan nasehat mereka, dan tak bersikap acuh apalagi tak sopan pada orang tuanya.

Sedangkan orang tua punya kewajiban untuk menjadi contoh dan pihak yang menjaga anak-anak, memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini GridKids akan mengajakmu belajar tentang contoh-contoh pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di lingkungan keluarga, Kids.

Yuk, simak sama-sama contoh-contoh kasusnya dalam uraian selanjutnya di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara Berdasarkan Sila dalam Pancasila