Find Us On Social Media :

Mendiskusikan Teks Bacaan "Jauh dan Dekat", Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 3

Ilustrasi teks diskusi berjudul

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu akan diajak belajar tentang materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 3.

Dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 58-61 terdapat bacaan yang harus kamu simak berjudul "Jauh dan Dekat".

Teks "Jauh dan Dekat" ini bercerita tentang transportasi yang mendukung migrasi atau perpindahan dari satu tempat ke tempat lain.

Transportasi diperlukan untuk memudahkan perpindahan jarak jauh, yang jika ditempuh dengan jalan kaki akan perlu waktu lama dan melelahkan.

Transportasi didukung dengan alat transportasi atau kendaraan yang digerakkan secara manual oleh makhluk hidup atau mesin.

Kendaraan yang digerakkan oleh mesin antara mobil, sepeda motor, pesawat terbang, kapal, hingga kereta api.

Sedangkan, kendaraan seperti delman, gerobak, kereta kuda akan digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan manual oleh manusia yang mengendarainya.

Uniknya manusia juga bisa memanfaatkan hewan dengan mengendarainya sendiri, misalnya unta, gajah, sapi, kuda, hingga keledai.

Hewan yang dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan atau pembawa beban ini biasanya kuat berjalan dan membawa beban dalam jarak yang cukup panjang.

Berdasar tempat pemakaiannya, kendaraan dibedakan jadi tiga jenis yaitu kendaraan daratan, di perairan, dan di udara.

Bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan sungai, biasanya mereka sering bepergian dengan kendaraan air seperti perahu atau sampan untuk melakukan mobilisasi.

Baca Juga: Teks Diskusi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur, serta Kaidah Kebahasaan