Find Us On Social Media :

Benarkah Kucing Punya Sembilan Nyawa? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Kucing disebut punya nyawa sembilan karena meski jatuh dari tempat tinggi, kucing bisa bebas dari cedera. Kenapa begitu?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar istilah kucing punya sembilan nyawa?

Tak hanya sembilan, beberapa negara dengan budaya berbeda mengembangkan kepercayaan berbeda tentang jumlah nyawa kucing.

Misalnya masyarakat Spanyol yang percaya kucing punya nyawa, sedangkan orang Arab dan Turki percaya kucing punya enam nyawa.

Kepercayaan tentang sembilan nyawa kucing mungkin didasari keyakinan bahwa angka sembilan adalah angka ajaib yang bisa memastikan kucing selalu lolos dari bahaya.

Jika ditarik pada kepercayaan masa lampau, angka sembilan merujuk pada trinitas dari semua angka supernatural yang jadi tradisi dan kepercayaan masyarakat Yunani Kuno.

Hal ini dikaitkan dengan kemampuan bawaan dasar yang dimiliki kucing agar terhindar dari bahaya dan celaka, meski hewan ini jatuh dari tempat yang tinggi.

Namun, anggapan kucing bernyawa sembilan ternyata hanya sebuah mitos atau kepercayaan yang enggak logis.

Seperti makhluk hidup lainnya, kucing hanya punya satu nyawa atau satu kali kehidupan.

Tapi, seperti yang sudah disinggung sebelumnya kucing punya kemampuan untuk mengontrol gerak tubuhnya ketika terjatuh sehingga lukanya enggak akan parah dan fatal.

Kemampuan ini berkaitan dengan anatomi tubuh kucing yang kuat dan bekerja dengan cara unik.

Lalu, seperti apakah fakta ilmiah yang membuat kucing disebut punya sembilan nyawa?

Baca Juga: Kenapa Kucing Dianggap Sebagai Hewan Suci bagi Bangsa Mesir Kuno? #AkuBacaAkuTahu