Find Us On Social Media :

Dinamika Penduduk Benua Asia, Dilihat dari Ras hingga Kepercayaannya

Benua Asia adalah benua terbesar di muka bumi. Apa sajakah dinamika penduduknya?

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang dinamika penduduk Benua Asia?

Benua Asia adalah benua terbesar di muka bumi yang menjadi salah satu benua yang penuh dengan dinamika karena kepadatan penduduknya.

Dinamika penduduk benua Asia ini terjadi karena ada perubahan jumlah penduduk akibat ada kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi).

Penduduk merasakan adanya dinamika warga atau penduduk yang perubahan kondisi penduduknya dipengaruhi oleh berbagai budaya, etnik, dan agama atau kepercayaannya.

Hanya ada beberapa negara di benua Asia yang punya jumlah penduduk pendatang (orang asing) yang besar yaitu Brunei Darussalam (37%), Hong Kong (39%), Singapura (39%), Makao (55%), dan Malaysia (8%).

Selain itu, ada juga negara-negara yang punya pertambahan warga lansia (usia tua) secara cepat adalah Jepang, China, Korea Selatan yang punya angka migrasi rendah.

Negara-negara yang termasuk sebagai pemasok penduduk migran, misalnya Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, dan Timor Leste.

Pada 2022, jumlah penduduk Benua Asia adalah 4.726.841.356 jiwa, jumlah itu bertambah besar sebesar 115, 78 juta jiwa dalan jangka waktu dua tahun sejak 2020.

Persebaran penduduk Asia terjadi secara tak merata, dan di antara negara-negara di Benua Asia memiliki beberapa negara dengan penduduk terbesar di dunia, misalnya China, India, dan Indonesia.

Wilayah Asia yang memiliki jumlah dan kepadatan penduduk tinggi terlihat di kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Namun, wilayah-wilayah yang termasuk sebagai kawasan terpencil di Benua Asia relatif punya jumlah penduduk yang lebih sedikit.

Baca Juga: Mengenal Benua Asia serta Karakteristiknya, Apa Saja?