Find Us On Social Media :

Apakah Kaitan Antara Interaksi Sosial dengan Lembaga Sosial?

Adanya interaksi sosial mendorong terbentuknya sebuah lembaga sosial yang jadi wadah masyarakat mewujudkan tujuan dan kebutuhannya.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah mengenal tentang interaksi sosial dan apa yang membuatnya jadi penting bagi kehidupanmu.

Sekarang, kita simak kaitan interaksi sosial dengan lembaga sosial, yuk!

Manusia yang saling berinteraksi akan diwadahi dengan keberadaan sebuah lembaga sosial.

Lembaga sosial merupakan wadah untuk manusia bisa memenuhi kebutuhannya dalam sebuah kelompok tertentu.

Kehadiran lembaga sosial bisa membantu mengatur interaksi sosial agar tetap tertib dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam sebuah masyarakat.

Lembaga sosial dalam masyarat menjadi sebuah wadah yang mendukung terjadi proses sosialisasi manusia dengan lingkungan hidupnya.

Inilah yang membuat lembaga sosial enggak bisa dilepaskan dari sebuah interaksi sosial, karena pembentukannya didorong oleh adanya interaksi sosial.

Interaksi sosial yang terjadi dalam sebuah lembaga sosial harus juga dipastikan teratur dalam sebuah peraturan atau norma, baik tertulis maupun enggak tertulis.

Jika sudah diatur dalam sebuah norma khusus, interaksi sosial bisa berjalan harmonis dan mengurangi risiko terjadinya konflik dalam sebuah kelompok masyarakat.

Hubungan antara interaksi sosial dengan keberadaan lembaga sosial dikenal dengan hubungan spiral yang saling timbal balik.

Sedangkan lembaga sosial juga akan mengatur terjadinya interaksi sosial yang sudah ada dan menyesuaikannya dengan norma masyarakat setempat.

Baca Juga: Melekat Pada Diri Manusia, Mengapa Interaksi Sosial Itu Penting?