Find Us On Social Media :

Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, IPS Kelas 7 SMP Tema 4

Manusia dan kaitannya dengan alam enggak bisa dipisahkan, manusia hidup dan memanfaatkan SDA untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya GridKids sudah mengajakmu memahami tentang keterkaitan antarkomponen lingkungan alam.

Lingkungan alam (natural environment) adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia.

Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 197-201.

Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan tak hidup yang terjadi secara alami di bumi.

Lingkungan alam berbeda dengan lingkungan buatan yang terdiri atas area dan komponen alam yang sudah dipengaruhi manusia.

Lingkungan alam bisa berbentuk sungai, danau, rawa, laut, gunung, hutan, dan lain sebagainya.

Hubungan antara komponen abiotik dan biotik dalam sebuah lingkungan alam misalnya suhu tinggi dan curah hujan yang besar serta tanah yang subur memungkinkan tumbuhnya beragam tumbuhan tropis.

Tanaman tropis enggak bisa tumbuh dengan baik di daerah gurun yang kering dan suhu yang tinggi atau di daerah lintang sedang dengan empat musim.

Sedangkan lingkungan biotik juga berperan untuk memengaruhi lingkungan abiotik, seperti sebuah daerah yang banyak ditumbuhi banyak pepohonan akan lebih sejuk.

Komponen biotik dan komponen biotik lainnya akan saling memengaruhi misalnya keberadaan flora (tumbuhan) yang beragam akan memengaruhi beragamnya fauna (hewan) yang hidup di lingkungan tersebut.

Lalu, seperti apakah interaksi manusia dengan lingkungan alam tempat hidupnya? Simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Keterkaitan Antarkomponen Lingkungan Alam, IPS Kelas 7 SMP Tema 4