Find Us On Social Media :

5 Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Hati hingga Tingkatkan Fungsi Memori

Buah mengkudu punya banyak khasiat yang baik bagi kesehatan.

GridKids.id - Kamu pastinya sudah tak asing lagi dengan buah mengkudu, bukan?

Buah mengkudu adalah salah satu buah tropis yang juga banyak ditemui di Indonesia.

Meskipun banyak yang kurang menyukai buah murbei India ini, namun ternyata mengkudu punya khasiat yang baik untuk kesehatan, lo.

Yap, mengkudu berkhasiat untuk memelihara fungsi hati, kesehatan jantung, kontrol gula darah dan lainnya.

Buah mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi dan memberi efek antijamur, antibakteri, antipsikotik dan antiinflamasi.Buah yang jarang digemari ini ternyata telah dipercaya sejak ribuan tahun sebagai obat penyembuhan untuk berbagai macam penyakit.

Selain itu juga dapat meningkatkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka. Ingin tahu khasiat lainnya dari buah mengkudu? Yuk, simak berikut ini!

5 Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah mengkudu berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus lalu diminum secara rutin.

Baca Juga: 5 Khasiat Temulawak bagi Kesehatan, Salah Satunya Atasi Radang Sendi

Buah mengkudu dapat memberi efek untuk melebarkan pembuluh darah dengan menenangkan sel-sel otot di dinding sel yang menghasilkan aliran darah yang lebih baik. Selain itu, jus buah mengkudu juga dapat mengatur tekanan darah, mengurangi kolesterol, homosistein dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 2. Menjaga Organ Hati

Buah mengkudu dapat melindungi dan menjaga organ hati karena kandungan di dalamnya membantu melatih efek hepato-protektif pada hati dari paparan bahan kimia dan juga dapat melawan kerusakan hati. 3. Meningkatkan Fungsi Memori Selain menjaga fungsi hati, buah mengkudu juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi memori pada otak. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus mengkudu dapat mendorong aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi otak.