Find Us On Social Media :

Keterkaitan Antarkomponen Lingkungan Alam, IPS Kelas 7 SMP Tema 4

Manusia mengambil dari alam untuk mencukupi kebutuhan hidupnya yang tak terbatas, salah satunya dengan cara budidaya pertanian.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar bersama GridKids tentang dinamika interaksi manusia dengan alamnya.

Nah, selanjutnya kamu akan diajak untuk memahami tentang kaitan antarkomponen alam (abiotik dan biotik) dalam kehidupan masyarakat di lingkunganmu.

Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 193-196 tertulis tentang contoh-contoh kaitannya.

Apa sajakah contoh-contoh gambaran tentang keterkaitan antarkomponen lingkungan? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Keterkaitan Antarkomponen Lingkungan Alam

1. Di daerah pesisir atau pantai (Komponen alamnya) mendorong berkembangnya kehidupan nelayan (komponen sosial) yang berbeda dari kehidupan petani yang tinggal di daerah pegunungan.

2. Penduduk (komponen sosial) memenuhi kebutuhan pangan dengan membuka hutan (komponen alam) untuk dijadikan lahan pertanian.

3. Untuk memenuhi kepentingan pertanian, pemerintah (komponen sosial) membangun bendungan (komponen binaan).

4. Semakin meluasnya lahan pertanian (komponen binaan) membuat banyak satwa (komponen alam) yang kehilangan habitat hidup, sehingga sebagian mengalami kepunahan atau terpaksa bermigrasi ke daerah lainnya.

5. Di daerah perkotaan (lingkungan binaan) berkembang lingkungan sosial yang sangat beragam (lingkungan sosial) dibandingkan dengan di pedesaan.

6. Di daerah yang berbukit (lingkungan alam), rumah-rumah (lingkungan binaan) dibangun secara terpencar atau menyebar.

Baca Juga: Mengenal Interaksi Antarkomponen dalam Sebuah Ekosistem, IPA 7 SMP Tema 5