Find Us On Social Media :

SDA Hutan di Indonesia dan Pemanfaatannya, IPS Kelas 7 SMP Tema 3

Hutan Indonesia bisa jadi tempat berbagai sumber daya alam seperti kayu dan non-kayu bisa diambil dan dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak membahas tentang aktivitas pertambangan dan tahapannya di Indonesia bersama GridKids.

Selain hasil tambang, Indonesia juga kaya sumber daya alam yang berasal dari hutan.

Sudah sejak lama hutan dimanfaatkan penduduk untuk berbagai keperluan, misalnya sumber pangan, penghasil material bahan bangunan, dan sumber mineral yang berharga.

Pemanfaatan hutan lalu dilakukan secara intensif dengan mengambil sumber daya yang ada di dalamnya secara besar-besaran.

Aktivitas penebangan hutan terus dilakukan untuk diambil hasil kayunya atau ditebangi sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

Akibatnya luas hutan Indonesia makin berkurang dan banyak kerusakan, sehingga mengancam kepunahan spesies hewan dan tumbuhan.

Kayu adalah hasil hutan yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia, misalnya sebagai bahan bangunan, furniture, bahan bakar, dan lain sebagainya.

Supaya hutan enggak mengalami kerusakan, pemerintah menjadikan kawasan untuk hutan sebagai hutan produksi, yaitu hutan yang sengaja ditanam untuk diambil hasilnya.

Industri kehutanan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang teruk meningkat.

Pemanfaatan hutan adalah kegiatan untuk memanfaatkan kawasan hutan yang optimal dan adil untuk kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga kelestariannya.

Pemanfaatan kawasan pada hutan produksi dilakukan melalui kegiatan usaha budidaya tanaman obat, budidaya tanaman hias, budidaya jamur, budidaya lebah, penangkaran satwa, dan budidaya sarang burung walet.

Baca Juga: Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia dan Hasil Alamnya, IPS Kelas 7 SMP Tema 3