Find Us On Social Media :

3 Fakta Menarik Bougainville, Negara Termuda yang Ada di Ujung Timur Papua Nugini

(Ilustrasi) Fakta menarik negara Bougainville yang menjadi negara termuda di dunia.

GridKids.id - Jika kamu diberi kesempatan untuk jalan-jalan, negara mana sajakah yang ingin kamu kunjungi, Kids?

Jalan-jalan ke luar negeri memang menjadi salah satu impian bagi banyak orang, ya.

Nah, bila sudah mengunjungi negara tersebut, bagaimana kesan pertamamu?

Di setiap negara di belahan dunia ini pastinya memiliki ciri khasnya tersendiri yang menjadi salah satu daya tariknya.

Salah satunya adalah negara Bougainville yang juga menjadi negara termuda di dunia.

Setelah menjalani konflik yang panjang dan proses perdamaian, masyarakat di negara ini memutuskan untuk memisahkan diri dari Papua Nugini. 

Hal ini sudah ada dalam referendum yang diselanggarakan pada 2019 lalu dan hasilnya, 97 persen pemilih menyatakan ingin berpisah dari Papua Nugini.

Negara termuda di dunia ini memiliki sederet fakta menarik yang harus kamu tahu, nih! Yuk, kita simak di sini, Kids! 1. Asal mula nama Bougainville

Negara ini diketahui telah ada sejak 3000 atau 4000 tahun sebelum adanya etnis Austronesia yang datang ke wilayah tersebut.

Baca Juga: Negara dengan Rata-rata Penduduk Tertinggi di dunia, 3 Besar Dari Eropa

Orang pertama Eropa pertama kali kontak dengan masyarakat asli yang dilakukan oleh Louis Antoine de Bougainville pada tahun 1769.

Ia merupakan penjelajah asal Prancis yang menamai pulau tersebut dengan namanya sendiri yaitu Bougainville. Lalu, perusahaan German New Guninea Company mengambil ahli beberapa pulau di Oseania, seperti New Guinea, New Britain, New Ireland, dan Bougainville. Di tahun 1899, ada perjanjian antara Jerman dan Britania Raya tentang sengketa wilayah antara Kepulauan Solomon dan Bougainville. Lalu, di tahun 1942, Jepang mengambil ahli kawasan negara ini sebelum menyerah pada Amerika pada 1944. Kekalahan Jepang membuat negara Bougainville dikembalikan pada Australia sebelum masuk ke wilayah Papua Nugini pada 1975. 2. Letak Geografi Bougainville